Arti Masya Allah Dan Waktu Mengucapkan

 

Masya Allah merupakan salah satu kalimat thayyibah bahasa arab yang kerap diucap ketika muslim takjub bertemu dengan hal yang menakjubkan.
Tapi nyatanya, apa arti masya Allah? 

Arti Masya Allah

Masya Allah (bahasa Arab: مَا شَاءَ ٱللَّٰهُ‎) mempunyai arti “Sesuatu yang dikehendaki Allah” atau “Apa yang Allah hendaki telah terjadi”. Tell co id Artinya: masya Allah dapat diucapkan ketika melihat hal-hal yang menakjubkan yang ada dalam hidup.

Berbeda dengan insya Allah yang berarti ‘Jika Allah menghendaki’ karena menyampaikan harapan pada hasil di masa depan. Jika Allah bertanggung jawab, Allah akan melakukannya.

Dalam Muslim, masya Allah umumnya digunakan untuk menunjukkan penghargaan atas sesuatu yang menimpa seseorang.

Muslim ucapan Masya Allah untuk menunjukan rasa hormat dan menghargai sesama muslim, tetap mengingat bahwa apa yang terjadi itu merupakan izin kehendak Allah.

Artinya, ketika islam mengucap masya Allah, islam tetap bermakna bawah Allah adalah pencipta segala, kalimat hal-hal yang menakjubkan. Jika Allah berfirman demikian, maka Allah akan membantu agar disampaikan secara singkat dan padat.

Waktu Mengucap Masya Allah

Setelah mengetahui arti masya Allah, lalu kapan waktu mengucap masya Allah? Berikut penjelasan.

Masya Allah sejatinya bisa diucapkan kapan saja. Biasanya masya Allah diucapkan melihat hal-hal yang gembira, seperti dapatkan nilai baik.

Muslim juga dapat berucapkan doa yang memuat ucapan langsung Masya Allah yang diajarkan oleh Tuhan SAW.

Doa yang tertuang dalam kitab Al-Adzkar karya imam An-Nawawi dikutip dalam Nahdlatul Ulama (NU) berikut.

وروينا فيه عن انس رضي الله عنه bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Kami dalam kitab ini nema riwayat dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa melihat sesuatu yang membuatnya bersyukur, maka hendaklah dia mengucapkan: Masya Allah la quwwata illa billah (sesuatu dikehendaki Allah, tiada kekuatan selain Allah).

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran dan Ucapan Balasannya
Jika Allah berfirman, kemungkinan besar Anda akan memahaminya dan dapat menggunakannya jika Anda termasuk orang-orang terbaik.

Artinya: “Semoga Allah membalas Anda”. Misalnya, ada seorang teman yang lewat di rumah Anda, kemudian dia berkata “Masya Allah, rumahnya indah sekali”. Saya rasa hal ini juga bisa dilakukan melalui ucapan jazakallah khairan.

Lalu Apa Makna Dari Ucapan Masya Allah?

Arti masya Allah dalam bahasa Indonesia adalah “apa yang dikehendaki oleh Allah. maka itulah yang akan terjadi”
Artinya kita menyadari dan menetapkan bahwa hal yang menakjubkan tersebut semata terjadi karena kuasa Allah

bagaimana dengan Subhanallah ? Subhanallah berarti Maha Suci Allah. Subhanallah diucapkan ketika melihat atu mendengar kburukan atau hal tidak baik.

 

Mulai sekarang jangan lupa untuk mengucapkan Masya Allah dan Subhanallah ya!